Khasiat "Emas" Madu

Hai sahabat !
Pada kesempatan kali ini, Tutor Genius ingin berbagi info berguna tentang madu niih.
Ada yang penggemar minuman madu di sini?
Hmm.. Kalau boleh saling terbuka, kami termasuk salah satunya :)
Kenapa?
Karena dulu kami penggemar film Winnie the Pooh, alias terpengaruh film *mengenang masa kecil^^
Ketika lihat film Popaye jadi kepingin makan bayam, padahal dulunya benci bayam; dan ketika nonton film Dragon Ball, jadi suka makan kacang ajaib, alias kacang tanah. Haha..
Oke, kembali membahas tentang madu yuk !

Khasiat Emas Madu bagi Kesehatan Tubuh


Madu yang kita ketahui pastinya adalah suatu cairan yang dihasilkan oleh lebah madu menggunakan nektar bunga. Cairan ini manis mantap dan hal terpentingnya adalah ........ khasiat kesehatan dari madu sudah tidak diragukan lagi.
Rasa manis dari madu berasal dari gula sederhana (monosakarida) yang mengisi 70-80% komposisi madu, sedangkan sisanya terdiri dari vitamin B, vitamin C, mineral (besi, kalsium, fosfat, NaCl, kalium, magnesium) dan air.

Jadi, apa saja sih khasiat madu berdasarkan penelitian-penelitian yang pernah dijalankan?

  • Madu mampu mencegah refluks asam. Refluks asam merupakan kondisi saat cairan asam lambung naik ke kerongkongan sehingga dapat mengakibatkan penderitanya mual dan muntah, rasa panas di dada, belakang leher, dan kerongkongan karena terjadinya iritasi.
  • Mencegah alergi musiman, misalnya batuk pada musim kering ataupun alergen lingkungan yang mengakibatkan asma.
  • Karena kandungannya yang kaya akan vitamin dan mineral, madu baik untuk otak anda yang paling banyak membutuhkan asupan bergizi. Daya ingat dapat meningkat.
  • Bersifat antibiotik alami karena pH dari madu yang relatif cukup asam bagi kehidupan mikroba patogen (bakteri dan jamur penyebab penyakit) sehingga menekan pertumbuhannya. Kandungan antimikrob yang diperoleh madu saat diproduksi oleh lebah turut memperkuat efek antibiotiknya. Dengan kata lain, madu mencegah dan mempercepat masa pemulihan dari suatu penyakit, contohnya diare pada anak kecil dan balita
  • Berkhasiat untuk menyembuhkan impotensi, ejakulasi dini, dan nausea; serta dapat menurunkan kolesterol
  • Kemampuan menghambat mikroba patogen ternyata dibarengi dengan kemampuan madu sebagai probiotik. Madu menstimulasi pertumbuhan mikroba-mikroba yang penting bagi kesehatan pencernaanmu, seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium (jika kamu suka minum yakult atau yoghurt, kamu pasti mengenal ke-2 kelompok bakteri tersebut). Sistem imunmu akan meningkat.
  • Bersifat antioksidan. Sifat tersebut didasarkan karena madu mengandung flavonoid yang mampu menangkal radikal bebas peracun sel-sel tubuh. Jika radikal bebas tidak ditangkal dan terus-menerus terakumulasi dalam tubuh, maka tidak menutup kemungkinan mudahnya terserang kanker dan penyakit jantung di saat kita tua nanti :( Selain itu, madu juga ternyata dapat memetabolisme alkohol bagi anda penggila minuman beralkohol lho :)
  • Mampu meningkatkan dan menjaga stamina tubuh sehingga baik untuk olahragawan.
  • Membantu proses penurunan berat badan dan mengoptimasi fungsi penglihatan.
  • Mengatur tingkat gula darah karena kandungan gula pada madu tidak sama seperti gula putih atau pemanis buatan lainnya. Madu tidak mengganggu gula darahmu. Indeks hipoglikemik madu rendah sehingga tergolong aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dibandingkan gula tebu. Bahkan menurut beberapa ahli, konsumsi madu dapat membuat tubuh penderita diabetes bertenaga dan tidak gampang lelah (berlaku untuk madu asli, bukan madu palsu yang dicampur gula)
  • Menyembuhkan luka dan luka bakar, serta memperindah kulit (aplikasi secara topikal). Ke-2 manfaat ini juga tidak terlepas dari kandungan gula sederhana dan antimikrob pada madu.
Demikianlah informasi khasiat madu bagi kesehatan.
Tidak disangka ya ternyata khasiat madu itu sendiri banyak sekali, bagaimana jika madu + herbal?
Yuk kita lihat artikelnya disini^^ Lanjuuut...................
Kembali kami menegaskan, berhati-hatilah dengan madu palsu ! 
Belilah madu dari sumber terpercaya. 

Salam,
Tutor Genius
Share this article :

9 comments:

  1. wah banyak juga khasiatnya (Y)
    thank's atas infonya gan :D

    ReplyDelete
  2. Eh bang, emang jenis madu apa aja sih? Artikel selanjutnya bahas itu dong hehe

    ReplyDelete
  3. thanks gan info..
    www.kblacklist25.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. disamping enak rasanya, juga banyak manfaatnya ternyata....nice info gan,.....

    ReplyDelete
  5. saya baru sekali makan madu yang asli, kalau madu-maduan manisnya kurang berasa

    ReplyDelete
  6. 1001 manfaat ya gan ternyata

    ReplyDelete
  7. wihh banyak juga manfaat nya,, thanks for info gan

    ReplyDelete
  8. makasih gan :D ternyata manfaatnya banyak

    ReplyDelete


 
Sistema Enlaces Reciprocos Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo 100% Backlink Indonesia Education Blog Directory Top  blogs free web site traffic and promotion Business top blog sites Free Fast Backlinks Auto Backlink Gratis: INFO DAN BISNIS ONLINE Indonesia Free Backlink Belajar Bisnis Online Untuk Pemula Tips dan Trik Sukses Bisnis Online TV INDONESIA Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Backlink Gratis Berkualitas No.1 Indonesia Auto Backlink freebanner4uSERIBU KAWANbertaubatlahiklanseribufreebacklinks4usatriopiningitkatamutiara4usehatwalafiahiniinfo4uiklansahabatseribusayangbloggratiss4usurgalokaSERBA SERBISENI LUKISTEMPLATE GRATISWARGA BISNISAGUS FAUZY4905GOBLOGANEKA VIDEOFECEBLOG 4UIsangrajamayasurgawebbabulfatahbacklinkgratis4useribukatamutiaramajelisrasulullahSERIBU KAWAN AUTO BACKLINK. Add Your Site For Free Today! MINUMAN INDONESIA. BACKLINK GARUT. CARA DAN TIPS. Makanan khas priangan Florists Links katamutiara4u Photobucket KOPICOFE IKLAN Pantes Promosi Shopping Blogs
Free Backlinks Juragan X-RO™ Plugboard Mania Hochzeitsmusik - Streichquartett