Memperpanjang Usia BBM

Salam semua !

Hari ini kami mau berbagi tips dan trik membuat BBM kita awet muda. Haha..
Yah, lumayan lah setidaknya bisa save money buat kebutuhan penting lainnya, mengingat perekonomian negara kita sedang melambat dan dolar terus-menerus naik niih :( 
Yuk langsung saja cabuuut melihat apa yang bisa kita lakukan !

tips dan trik memperpanjang dan menghemat BBM


Jagalah Putaran Mesin

Contoh tips dan trik memperpanjang menghemat BBM

Saat berkendara, injaklah gas dengan perlahan sehingga putaran mesin pun bisa mengikuti secara bertahap. Jagalah putaran mesin dalam kisaran 2000 - 2500 rpm untuk mobil dan 6000 - 7000 rpm untuk motor. Jika hampir melewati batas putaran, gantilah gigi ke posisi yang lebih tinggi dan hindari suara mesin menjadi kasar.
Ketika jalan menurun, anda tidak perlu menekan gas. Biarkan kendaraan meluncur dan bersiaplah untuk menginjak rem atau gas kembali secara perlahan jika ingin menurunkan atau meningkatkan kecepatan :)

Jagalah Kecepatan Berkendara

Atur kecepatan dalam rentang stabil. Semakin anda berkendara terlalu cepat, maka BBM yang termakan juga semakin besar. Berkendara terlalu cepat kemudian mengerem mendadak juga menjadi faktor boros konsumsi BBM karena mesin dipaksa untuk bekerja cepat sehingga sumber tenaga yang dibutuhkan mesin juga besar. Jika ingin mengurangi kecepatan, angkatlah pedal gas dari jauh waktu sebelum berhenti atau berbelok dengan perlahan. Biarkan mobil meluncur sebentar sebelum menginjak rem. Jaga jarak dengan kendaraan di depanmu. Menginjak rem terus-menerus akan memperparah konsumsi BBM. Selain itu, jangan sering berpindah jalur.
Untuk jarak dalam kota, sebaiknya berkendara dengan kecepatan 40 - 60 km/jam, sedangkan untuk jarak antar kota atau di jalan tol, laju kendaran dapat dipacu hingga maksimal 80 km/jam.

Waktu dan Cuaca

Contoh tips dan trik memperpanjang menghemat BBM

Waktu isi BBM terbaik adalah di pagi hari ketika suhu masih dingin. Ketika suhu dingin, tangki memiliki kapasitas menampung bensin lebih banyak ketimbang waktu panas. Selain itu, mengisi bensin ketika tangki masih setengah penuh juga efektif untuk berhemat karena adanya sisa BBM yang mampu mengurangi kapasitas ruang udara pada tangki.
Jika ingin memarkir kendaraan, carilah tempat yang teduh untuk menghindari kenaikan suhu tangki dan meningkatkan tekanan udara di dalamnya.

Optimasi Atribut Kendaraan

Jangan berkendara dengan tekanan angin yang kurang pada ban. Hal ini akan menambah beban kendaraan anda untuk melaju sehingga konsumsi BBM akan meningkat sekitar 5% - 20%. 
Ingatlah pula untuk selalu melakukan pengecekan keadaan mesin, tingkat busi, tali kipas, dan filter udara sesuai jadwal service buku manual kendaraan anda. Bagi yang berkendara dengan mobil, jangan menyalakan AC terlalu dingin karena akan memberikan beban terhadap kompresor AC yang ujung-ujungnya membebani kerja mesin sekitar 10%. Pastikan pula jendela tertutup sob :)

Bijaklah dalam Berkendara

Untuk bepergian jarak dekat, tidak perlu sampai menggunakan kendaraan karena hal ini mampu meningkatkan penggunaan BBM sebesar 40%. Lebih baik berjalan saja atau naik sepeda. Kan sambil berolah raga gitu :)
Ketika akan bepergian jarak jauh, pantau terlebih dahulu arus lalu lintas yang hendak dilalui untuk menghindari kemacetan dan mencari jalur alternatif lain. Sekarang teknologi GPS sudah canggih bro^^
Lalu, hmm.. Jika ada keperluan di suatu tempat dan melalui jalur tersebut saat bepergian, kenapa tidak sekalian mampir daripada harus mondar-mandir lagi di kemudian hari? :)

Efisiensi Mesin

Contoh tips dan trik memperpanjang menghemat BBM

Untuk jenis BBM, gunakanlah BBM dengan nilai oktan yang sesuai dengan kebutuhan mesin untuk mencegah pembentukan kerak pada mesin. Dengan jenis BBM yang tepat, jarak tempuh pun menjadi lebih jauh. Saat ini, bahkan untuk kendaraan Ayla dan Agya saja lebih baik diisi dengan BBM jenis pertalit  :)
Jika ingin memanaskan mesin kendaraan setelah semalaman tidak digunakan, durasi 1-3 menit saja sudah cukup. Biarkan kendaraan menyala statis tanpa perlu di gas dengan AC dalam keadaan mati.
Ketika macet atau berhenti hingga lebih dari 1 menit, lebih baik mesin dimatikan. Jagalah pula bagasi kendaraan. Bawalah barang seperlunya agar tidak membebani kerja mesin. Semakin ringan kendaraan anda, semakin hemat pula penggunaan BBM nya. Catat ! Setiap tambahan beban 50 kg, konsumsi BBM meningkat 2%.

Demikian tips dan trik sederhana memperpanjang usia BBM dari kami.
Selamat mencoba :)
Jika ada masukan lain, boleh disampaikan lewat komentar. Hehe..

Salam,
Tutor Genius.











Share this article :

3 comments:

  1. nice info gan BBM awet kantong juga awet heheheh

    ReplyDelete
  2. Owh ternyata kecepatan juga pengaruh ya gn? Jdi selama ini???

    ReplyDelete
  3. pas bangat info kaya gini,tau sendiri sekarang apa2 mahal jadi perlu berhemat ^^

    ReplyDelete


 
Sistema Enlaces Reciprocos Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo 100% Backlink Indonesia Education Blog Directory Top  blogs free web site traffic and promotion Business top blog sites Free Fast Backlinks Auto Backlink Gratis: INFO DAN BISNIS ONLINE Indonesia Free Backlink Belajar Bisnis Online Untuk Pemula Tips dan Trik Sukses Bisnis Online TV INDONESIA Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Backlink Gratis Berkualitas No.1 Indonesia Auto Backlink freebanner4uSERIBU KAWANbertaubatlahiklanseribufreebacklinks4usatriopiningitkatamutiara4usehatwalafiahiniinfo4uiklansahabatseribusayangbloggratiss4usurgalokaSERBA SERBISENI LUKISTEMPLATE GRATISWARGA BISNISAGUS FAUZY4905GOBLOGANEKA VIDEOFECEBLOG 4UIsangrajamayasurgawebbabulfatahbacklinkgratis4useribukatamutiaramajelisrasulullahSERIBU KAWAN AUTO BACKLINK. Add Your Site For Free Today! MINUMAN INDONESIA. BACKLINK GARUT. CARA DAN TIPS. Makanan khas priangan Florists Links katamutiara4u Photobucket KOPICOFE IKLAN Pantes Promosi Shopping Blogs
Free Backlinks Juragan X-RO™ Plugboard Mania Hochzeitsmusik - Streichquartett